Generasi Bahasa
Perkembangan bahasa pemrograman mungkin tidak semudah yang kita kira, namun perkembangan tersebut sangatlah sulit dan memakan waktu yang lama hingga bisa menjadi bahasa pemrograman yang bisa kita nikmati sekarang ini. Pembagian generasi bahasa adalah seperti berikut:
• First-Generation Language (1GL) adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data, yang diberikan kepada prosesor agar dapat bekerja. Pada komputer konvensiona terdiri dari deretan angka 0 dan 1.
• Second-Generation Language (2GL) adalah bahasa pemrograman assembler (orang juga mengenalnya sebagai bahasa assembly). Pada bahasa perograman generasi kedua ini assembler mengubah pernyataan bahasa pemrograman ke bahasa mesin.
• Third-Generation Language (3GL) merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam generasi ketiga. Ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti PL/1, C, atau Java.
• Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang didesain lebih “natural”, sehingga makin mudah digunakan.
• Fifth-Generation Language (5GL) adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat bahasasumbernya, yang biasanya di-compile dengan compiler 3GL atau 4GL.
Perkembangan Bahasa
• Perkembangan bahasa pemrograman dimulai pada tahun 1949 dengan hadirnya Short Code, bahasa pemrograman komputer pertama yang digunakan dalam peralatan komputer elektronik. Ini masih berupa bahasa pemrograman manual (hand-compiled).
• Pada tahun 1951, Grace Hopper yang bekerja pada Remington Rand mulai bekerja untuk mendesain sebuah compiler yang diberi nama A-0. Pada tahun 1957, bahasa pemrograman ini kemudian dirilis oleh Rand dengan nama Math-matic.
• Kemudian Alick E. Glennie, di waktu senggangnya di Universitas Manchester, berhasil membuat programming system bernama AUTOCODE pada tahun 1952. Sekitar lima tahun setelahnya dirilislah mathematical FORmula TRANslating (FORTRAN), dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah digunakan pada tahun itu.
• FORTRAN dibuat oleh tim yang diketuai oleh John Backus, yang kemudian juga memiliki konstribusi dalam pembuatan bahasa pemrograman ALGOL.
• Setahun kemudian, muncul FORTRAN II yang mampu menjalankan perintah subroutines dan koneksi ke bahasa assembly. Dan, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrograman ALGOL. Pada tahun 1960 muncul ALGOL 60. Bahasa pemrogramana ini sangat popular di Eropa pada pertengahan 1960-an. Pada tahun 1962, APL (A Programming Language) dirilis oleh Kenneth Iverson. Pada tahun yang sama juga dirilis FORTRAN IV.
• Perkembangan bahasa pemrograman terus berlanjut dengan munculnya berturut turut APL/360 dan PL/1 pada tahun 1964, SNOBOL3 pada 1965, FORTRAN 66 dan LISP 2 pada 1966, SNOBOL 4 pada 1967, ALGOL 68, ALTRAN, dan COBOL.
• Pada tahun 1975, Bob Albrecht dan Dennis Allison merilis Tiny BASIC. Pada tahun yang sama, Bill Gates dan Paul Allen merilis BASIC yang mereka jual ke MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Tahun-tahun selanjutnya, beberapa bahasa pemrograman baru bermunculan. Di antaranya AWK yang dirilis tahun 1978; Smalltalk-80, Modula-2, Franz LISP pada tahun 1980; dan ISO Pascal serta PostScript yang dirilis pada tahun 1982. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman Ada.
• Nama tersebut diambil dari Lady Augusta Ada Byron, yang menyandang gelar programer komputer pertama karena hasil kerjanya pada Charles Babbage’s analytical engine di tahun 1842.
• Tahun 1986, selain Apple telah merilis Object Pascal dan Borland merilis Turbo Prolog, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrogramanC++ dan Eiffel. Setahun sesudahnya dirilis Turbo Pascal version 4.0. Bahasa pemrograman C++ berkembang pesat dengan dirilisnya C++ 2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990. Ini bersamaan dengan dirilisnya FORTRAN 90. Setahun kemudian, Microsoft kembali merilis Visual Basic, yang kemudian memenangkan penghargaan BYTE’s Best of Show saat COMDEX.
• Bahasa pemrograman terus berkembang hingga tahun ini, dengan diilisnya Java 2 (versi 1.4), Python 2.2, J#, dan F#.
Bahasa Modern (Java)
• Kelahiran Java dimulai tahun 1991. Bahasa Java merupakan proyek penelitian Sun Microsystems yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan membangun sistem yang memungkinkan komputer berperan dalam rumah tangga. Fokus pertama proyek adalah pada TV kabel yang disebut set-top box.
• Untuk menjalankan proyek tersebut Sun merencanakan untuk membangun sebuah OS yang dibangun dengan bahasa C++. Akan tetapi James Gosling (salah seorang anggota tim proyek) merasa tidak puas dengan C++. Akhirnya Ia membuat sendiri bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak. Nama tersebut diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela kantornya. Oak dibuat berdasarkan syntak C++. Namun Oak lebih sederhana dari C++, lebih stabil dan lebih mendukung network-programming. Selain itu Oak dibuat murni object-oriented. Bahasa Oak dibuat sebagai bahasa yang tidak terikat pada satu platform (cross-platform atau multi-platform). Tahun 1994, proyek Green diperbesar oleh Sun menjadi proyek FirstPerson. Tapi proyek tersebut gagal akibat penolakan pasar terhadap ide TV interaktif.
• Pada saat itu Internet memulai sejarah baru dengan WWW (World Wide Web). Browser GUI pertama adalah Mosaic. Sun melihat celah lain dalam dunia Web. Sun merasa bahasa Oak yang multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan distributed sangat cocok untuk dunia Web.
• Tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java karena ada produk lain yang telah mematenkan nama tersebut. Pemilihan nama ini (yang dikenal oleh para pekerja Sun sebagai nama jenis kopi) sama sekali tidak didasarkan atas kedekatan mereka dengan Indonesia atau pulau (atau orang) Jawa. Nama Java dipilih mengalahkan nama-nama lainnya, sekedar karena mereka merasa bahwa nama ini sangat bagus (“cool” menurut bahasa anak muda sekarang). Bersamaan dengan lahirnya nama Java ini, Sun juga mengganti nama web-browser mereka menjadi HotJava (semula bernama WebRunner). Sun kemudian mengumumkan bahasa Java sebagai bahasa yang mampu menjalankan Web secara interaktif dan aman.
• Pada pertengahan tahun 1995, Netscape mengumumkan akan mengadopsi Java di dalam browser mereka. Kemudian, Java (pada tahun-tahun itu) secara de-facto menjadi bahasa standar di dunia maya Internet. Perkembangan Java dipermudah lagi dengan tersedianya JDK (Java Development Kit) di situs milik Sun yang dapat di-download gratis. Akhir tahun 1995, IBM dan Microsoft memutuskan untuk membeli lisensi Java untuk dipakai dalam teknologi mereka.
Pustaka :
• Rizal Aditiya SMK-PGRI Pandaan
• Sejarah Pemrograman JAVA « A C E.htm
Rabu, 26 Oktober 2011
Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman
Diposting oleh ilmu komputer di 22.04 0 komentar
Kamis, 20 Oktober 2011
Menghitung Subnetting IP
|
|
---|
- Jumlah Subnet = 2x, dimana x adalah banyaknya binari 1 pada oktet terakhir subnet mask (2 oktet terakhir untuk kelas B, dan 3 oktet terakhir untuk kelas A). Jadi Jumlah Subnet adalah 22 = 4 subnet
- Jumlah Host per Subnet = 2y – 2, dimana y adalah adalah kebalikan dari x yaitu banyaknya binari 0 pada oktet terakhir subnet. Jadi jumlah host per subnet adalah 26 – 2 = 62 host
- Blok Subnet = 256 – 192 (nilai oktet terakhir subnet mask) = 64. Subnet berikutnya adalah 64 + 64 = 128, dan 128+64=192. Jadi subnet lengkapnya adalah 0, 64, 128, 192.
- Bagaimana dengan alamat host dan broadcast yang valid? Kita langsung buat tabelnya. Sebagai catatan, host pertama adalah 1 angka setelah subnet, dan broadcast adalah 1 angka sebelum subnet berikutnya.
Subnet | 192.168.1.0 | 192.168.1.64 | 192.168.1.128 | 192.168.1.192 |
Host Pertama | 192.168.1.1 | 192.168.1.65 | 192.168.1.129 | 192.168.1.193 |
Host Terakhir | 192.168.1.62 | 192.168.1.126 | 192.168.1.190 | 192.168.1.254 |
Broadcast | 192.168.1.63 | 192.168.1.127 | 192.168.1.191 | 192.168.1.255 |
Subnet Mask | Nilai CIDR |
255.255.255.128 | /25 |
255.255.255.192 | /26 |
255.255.255.224 | /27 |
255.255.255.240 | /28 |
255.255.255.248 | /29 |
255.255.255.252 | /30 |
|
|
---|
- Jumlah Subnet = 2x, dimana x adalah banyaknya binari 1 pada 2 oktet terakhir. Jadi Jumlah Subnet adalah 22 = 4 subnet
- Jumlah Host per Subnet = 2y – 2, dimana y adalah adalah kebalikan dari x yaitu banyaknya binari 0 pada 2 oktet terakhir. Jadi jumlah host per subnet adalah 214 – 2 = 16.382 host
- Blok Subnet = 256 – 192 = 64. Subnet berikutnya adalah 64 + 64 = 128, dan 128+64=192. Jadi subnet lengkapnya adalah 0, 64, 128, 192.
- Alamat host dan broadcast yang valid?
Subnet | 172.16.0.0 | 172.16.64.0 | 172.16.128.0 | 172.16.192.0 |
Host Pertama | 172.16.0.1 | 172.16.64.1 | 172.16.128.1 | 172.16.192.1 |
Host Terakhir | 172.16.63.254 | 172.16.127.254 | 172.16.191.254 | 172.16.255.254 |
Broadcast | 172.16.63.255 | 172.16.127.255 | 172.16.191.255 | 172.16..255.255 |
- Jumlah Subnet = 29 = 512 subnet
- Jumlah Host per Subnet = 27 – 2 = 126 host
- Blok Subnet = 256 – 128 = 128. Jadi lengkapnya adalah (0, 128)
- Alamat host dan broadcast yang valid?
Subnet | 172.16.0.0 | 172.16.0.128 | 172.16.1.0 | … | 172.16.255.128 |
Host Pertama | 172.16.0.1 | 172.16.0.129 | 172.16.1.1 | … | 172.16.255.129 |
Host Terakhir | 172.16.0.126 | 172.16.0.254 | 172.16.1.126 | … | 172.16.255.254 |
Broadcast | 172.16.0.127 | 172.16.0.255 | 172.16.1.127 | … | 172.16.255.255 |
- Jumlah Subnet = 28 = 256 subnet
- Jumlah Host per Subnet = 216 – 2 = 65534 host
- Blok Subnet = 256 – 255 = 1. Jadi subnet lengkapnya: 0,1,2,3,4, etc.
- Alamat host dan broadcast yang valid?
sumber : http://rizqtech.net
Diposting oleh ilmu komputer di 00.36 0 komentar
Rabu, 19 Oktober 2011
Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
- Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
- Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
- Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
- Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
- Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu.
- Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
- Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
- Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
- Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
- System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
C. Komponen Brainware berdasarkan media organisasinya :
- Network Platform
- Administrator
- Backup Operator
- Network Config Operator
- Power User
- Remote Desktop User
- Replicator
- User
- Guest
- Debugger User
- Help Services Group
- Web Platform
- Web Master
- Designer
- Operator
- User
- Software Builder
- Analisis Sistem
- Programmer
- Operator
Diposting oleh ilmu komputer di 23.03 0 komentar
Perangkat Lunak Komputer (software)
Software (perangkat lunak atau program) adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang diatur sedemikian sehingga komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara tertentu. Bentuk terkecil dari software adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini di susun software / perangkat lunak.
A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :- Periode Pioner
- Periode Stabil
- Periode Mikro
- Periode Modern
a. Periode Pioner (1950 – 1963)
- Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabelke antar bagian dalam komputer
- Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu
- Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesaidikerjakan komputer berupa print out.
- Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan
- Pada era stabil penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai kalangan
- Perusahaan perangkat lunak bermunculan
- Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara serempak (multi tasking)
- Satu perangkat lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time)
- Mulai diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses)
- Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal, dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu
- Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d. Periode Modern (1990 – …)
- Perangkat lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik
- Semua perangkat yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi)
- Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya.
- Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar
B. Klasifikasi Perangkat lunak
- Perangkat lunak SISTEM, yaitu Perangkat lunak yang khusus berkaitan dengan hardware sistem komputer
- Perangkat Lunak APLIKASI, Perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mengolah data
a. Perangkat Lunak Sistem
- Sistem Operasi
- Bahasa Pemrograman
- Sistem Utility
Sistem Operasi
- Saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi adalah software yang pertama kali dijalankan untuk mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, mengatur penggunaan memori, dll
- Contoh Operating System :Dos, Windows, Linux, Unix, OS, Apple System, Novell, dll
- Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma rancangan manusia (programmer) kedalam format yang dapat dijalankan komputer
- Contoh : Basic, Pascal, Fortran, C, dll
- Merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya menjalankan hardware, pemeriksaan hardware, memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), dll
- Contoh : Hardware Driver, Norton Utility, PC Tools, dll
b. Perangkat Lunak Aplikasi
- Pengolah Kata
- Contoh : Word Star, Chi Writer, Ms Word, dll
- Spread Sheet
- Contoh : Lotus, Excel, SPSS, dll
- DBMS
- Contoh : Dbase, Access, FoxPro, dll
- Multimedia
- Contoh : Media Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
- Aplikasi Games
- Contoh : Mini Games, Heavy Games, dll
referensi : http://erwin2h.wordpress.com
Diposting oleh ilmu komputer di 22.15 0 komentar
LUXAND BLINK! VER 2.3 PRO (LOGIN WINDOWS PAKE WAJAH)
Sebelumnya saya sudah pernah sharing VERIFACE, software buatan Lenovo yang berfungsi untuk logon windows menggunakan wajah keren anda (tanpa harus mengetikkan password login). Nah., sekarang saya akan membagikan satu lagi software untuk logon windows menggunakan wajah yaitu LUXAND BLINK! ver 2.3 Pro.
Sama seperti Veriface, dengan Luxand Blink! anda bisa logon windows hanya dengan mengarahkan wajah ke kamera webcam yang ada di PC/Notebook. Software ini mempunyai kemampuan mengenali wajah dengan kondisi apapun. Jadi anda tidak perlu khawatir bila telah memotong rambut, bercukur, berkaca mata dan sebagainya, Luxand Blink! akan tetap mengenali wajah keren anda untuk logon ke windows hehehe...
Kemampuan lain dari Luxand Blink! yaitu software ini mampu merekam wajah siapapun yang mencoba logon ke PC/Notebook anda. Dengan demikian anda dapat mengetahui siapa saja yang mencoba login ke PC/Notebook anda tanpa izin.
Berikut ini cara menggunakan Luxand Blink! :
1. Pertama tentu saja install software LUXAND BLINK! ver 2.3 Pro ke komputer anda.
2. Setelah terinstall, rekam/register wajah anda yaitu dengan menatap webcam lalu gerakkan kepala
anda dari kiri kekanan. Saat proses perekaman pastikan posisi wajah anda sudah pas menghadap
webcam dan anda cahaya penerangan disekitar anda cukup terang.
3. Jika telah selesai klick pilihan High Convenience (bila anda menginginkan tingkat pengenalan wajah
yang tidak terlalu sensitif) atau High Security (bila anda menginginkan tingkat pengenalan wajah yang
sangat sensitif).
4. Restart PC/Notebook anda lalu coba anda logon menggunakan Luxand Blink!.
Sayangnya software ini hanya support Windows Vista dan Windows 7. Nah.., cukup sekian basa-basinya, langsung saja donlod LUXAND BLINK! ver 2.3 Pro :
Sumber : http://syahmei.blogspot.com/
Diposting oleh ilmu komputer di 21.12 0 komentar
Selasa, 18 Oktober 2011
Cara Membuat Password Microsoft Word 2007
Langsung saja pada subtansi, adapun cara membuat password Microsoft Word 2007 (proteksi dokument) adalah :
- Buka file dokument yang ingin diberi password, jika sudah terbuka, klik "Office Button" lalu pilih "Save As" lalu "Word Document" seperti gambar berikut : Maka akan muncul seperti gambar berikut ini :
- Selanjutnya klik "Tools" dan pilih "General Option..." seperti gambar dibawah ini : Lalu muncul gambar seperti berikut ini : Selanjutnya ketikkan password pada kolom "Password to Open" jika sudah klik "OK" dan kemudian akan muncul kotak "Confirm Password" yang meminta untuk mengetikkan kembali password yang kita masukkan tadi. Jika sudah klik Save.
- Lihat hasilnya, buka file dokumen tadi, maka akan muncul kota seperti gambar ini : "Semoga Bermanfaat" sumber :http://diaracommunity.blogspot.com
Diposting oleh ilmu komputer di 20.05 0 komentar
Cara membuat password (proteksi) file word 2007
Jika suatu file atau dokumen bersifat rahasia, atau anda ingin mencegah fie tersebut diakses dan diedit oleh orang lain maka salah satu cara untuk mengamankan file dokumen tersebut adalah membuat password (kata sandi) pada dokumen word 2007 anda. Microsoft word 2007 seperti versi microsoft word 2003 dan sebelumnya telah mengintegrasikan fitur pemangaman file, anda hanya perlu mengaktifkan fitur keamanan tersebut pada file dokumen word 2007.
Untuk membuat password (sandi) pada file word 2007, lakukan prosedur berikut:
1. Pertama anda harus mempunyai sebuah dokumen word yang aktif atau terbuka
Klik Logo Word 2007 yang ada di pojok kiri atas
Pilih "Prepare" kemudian "Encript Document"
2. Masukkan password (sandi) anda
Klik OK
3. Ketik ulang password yang anda ketik pada langkah 2 untuk konfirmasi password
Klik OK
4. Ketik nama file sesuai keinginan anda
Klik tombol save untuk menyimpan file
Setelah melakukan prosedur di atas, maka saat membuka file yang telah di-proteksi maka akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password, jika password (sandi) yang anda masukkan salah maka file tidak dapat dibuka. Tampilan kotak konfirmasi password seperti di bawah ini
sumber : http://www.komputerseo.com
Diposting oleh ilmu komputer di 20.03 0 komentar
Tips Membuat Lambang Satuan pada Excel
Pada saat kita menghitung dengan data excel, terkadang kita ingin membuat lambing satua dari data atau hasil perhitungannya, kita dapat membuatnya dengan bantuan salah satu tools Ms. Excel. 1. Buka data
2. Tentukan Lambang satuan apa yang ingin dibuat.
3. Hightlight cell dari data/hasil yang ingin di buat
4. Click Kanan Format Cells/ ctrl + 1.
5. Click Tab Number.
6. Click sub Menu Costum.
7. Ketik tanda # untuk menwakili angka, lalu untuk lambang satuannya ketik diantaratanda “ ”, contoh “km/s”.
8. Anda dapat membuat lambang yang lain dan menyimpannya untuk dipergunakan di lain hari, yang terpenting adalah lambang ini tidak akan menggangu perhitungan anda /membuat error.
Diposting oleh ilmu komputer di 19.53 0 komentar
Minggu, 16 Oktober 2011
Windows 32 Bit atau 64 Bit
Uraian saya berikut akan mencoba membahas perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit dan cara mengetahuinya.
Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.
Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.
Pilihan yang tepat dalam memilih edisi software adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32-bit atau 64-bit, umumnya software-software yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.
Untuk mengetahui apakah Windows yang digunakan adalah 32-bit atau 64-bit salah satu cara yang dapat dilakukan berdasarkan versi Windows yang digunakan yang pada dasarnya sama yaitu melihat informasi di Control Panel — System:
- Windows XP
Klik kanan My Computer pada desktop kemudian pilih Properties (atau dari Control Panel – System). Pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows XP 32-bit akan tertulis seperti Microsoft Windows XP Professional, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis seperti Microsoft Windows XP Professional x64 Edition. Jadi jika Windows XP 64-bit ada tambahan keterangan x64 Edition. - Windows Vista
Masuk ke Control Panel – System dan lihat informasi System type di bawah System, untuk Windows Vista 32-bit akan tertulis keterangan 32-bit Operating System, sedangkan untuk Windows Vista 64-bit akan tertulis keterangan 64-bit Operating System. - Windows Server 2003 Masuk ke Control Panel – System, pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows Server 2003 32-bit akan tertulis seperti Microsoft Windows Server 2003 Standard Edition, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis Microsoft Windows Server 2003 Standard x64 Edition. Jadi sama seperti Windows XP, untuk Windows Server 2003 ada tambahan keterangan x64 Edition.
sumber : http://maseko.com
Diposting oleh ilmu komputer di 21.45 0 komentar
Senin, 03 Oktober 2011
Software Mengembalikkan File yang Hilang
Diposting oleh ilmu komputer di 08.19 0 komentar